Etika pembelajaran
ETIKA PEMBELAJARAN
A. Pengertian Etika
Menurut para ahli maka etika tidak lain adalah aturan
prilaku, adat kebiasaan
manusia dalam pergaulan antara
sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk.
Perkataan etika atau lazim juga disebut
etik, berasal dari kata Yunani ETHOS yang berarti
norma-norma, nilai- nilai,
kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik, seperti
yang dirumuskan oleh beberapa ahli berikut ini :
1.
Drs.
O.P. Simorangkir : etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang
baik.
2.
Drs.
Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat : etika adalah teori tentang tingkah
laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat
ditentukan oleh akal.
3.
Drs.
H. Burhanudin Salam : etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai
nilai dan norma moral yang menentukan prilaku manusia dalam hidupnya.
B. Jenis-Jenis
Etika
1.
Etika Deskriptif, yaitu etika yang
berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan perilaku manusia dan
apa yang dikejar oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai.
Etika deskriptif memberikan fakta sebagai dasar untuk mengambil keputusan
tentang perilaku atau sikap yang mau diambil.
2.
Etika Normatif, yaitu etika yang
berusaha menetapkan berbagai sikap dan pola perilaku ideal yang seharusnya
dimiliki oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai.Etika normatimemberipenilaian sekaligus memberi norma sebagai dasar dan kerangka tindakan yang akan diputuskan.
C. Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran adalah proses interaksi
antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan
bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan
pengetahuan. Penguasaan dan
kemahiran tabiat. Serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan
kata lain pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat
belajar dengan baik.
D. Model Pembelajaran
Model-model
pembelajaran dikembangkan utamanya beranjak dari adanya perbedaan berkaitan
dengan berbagai karakteristik kepribadian, kebiasaan-kebiasaan, modalitas
belajar yang bervariasi antara individu satu dengan yang lain, maka model
pembelajaran guru juga harus selayaknya tidak terpaku hanya pada model
tertentu, akan tetapi harus bervariasi.Di
samping di dasari pertimbangan keragaman siswa, pengembangan berbagai model
pembelajaran juga dimaksudkan untuk menumbuhkan dan meningkatkan motivasi
belajar siswa, agar mereka tidak jenuh dengan proses belajar yang sedang
berlangsung.
kunjungi
Komentar
Posting Komentar