pendidikan sosial

Pendidikan Sosial

     A.  Pengertian Pendidikan Sosial
     Pendidikan dalam konteks islam mengacu pada 3 unsur yaitu: al- tarbiyah, al-ta’lim, dan al-ta’dib. Walaupun kata ini memiliki banyak arti, akan tetapi pengertian dasarnya menunjukan tumbuh, berkembang, memelihara, mengatur dan menjaga kelestarian atau eksistensinya. Sedangkan pendidikan menurut Jalaluddin adalah pendidikan merupakan usaha untuk membimbing dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal agar mereka dapat berperan serasi dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat lingkungannya.
     Dalam kamus sosiologi dan kependudukan medefinisikan sosial adalah hubungan seseorang individu dengan lainnya dari jenis yang sama atau pada sejumlah individu untuk membentuk lebih banyak atau lebih sedikit, kelompok-kelompok yang terorganisir, juga tentang kecenderungan-kecenderungan dan impuls-impuls yang berhubungan dengan lainnya.
     Jadi bisa disimpulkan bahwa pendidikan sosial adalah suatu proses yang diusahkan oleh orang dewasa terhadap anak, secara sengaja dalam masyarakat untuk mendidik, membina, membangun individu dalam lingkungan sosial upaya ditengah-tengah masyarakat kelak anak mampu bergaul dan berperilaku yang baik terhadap sesama. Tentunya selalu berpegang pada akidah dan keimanan yang kokoh.
b.Peranan manusia sebagai makhluk sosial 
     Manusia sebagai makhluk sosial ada dorongan untuk berinteraksi dengan orang lain. Dalam konteks sosial yang disebut masyarakat, setiap orang akan mengenal orang lain melalui perilaku manusia tersebut selalu terkait dengan orang lain.  Untuk itu dalam lingkungan masyarakat kita harus berperilaku:
1.sikap toleransi
2.solidaritas sosial
3.saling Menghargai
4.tolong menolong
c.  Tujuan Pendidikan Sosial
Adapun tujuan Pendidikan Sosial yaitu:
1.     Mampu hidup dengan manusia lainnya,
2.    Memahami Lingkungan Sosial,
3. Terbinanya masyarakat yang peka terhadap masalah sosial yang ada  dilingkungannya,
4.    Mendorong berkembangnya Sikap tertentu.


kumjungi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Etika pembelajaran

pendidikan seni rupa